UMUR MEMANG TUA, SEMANGAT SELALU MUDA a lesson learns from Japan

Posted by peladminatihanpensiun In: Tak Berkategori 2 Comments

20141023_154050Berdasarkan pengamatan, di Jepang orang-orang tua yang berumur 60 tahun ke atas masih sehat, kuat, sehingga masih termasuk tenaga kerja produktif. Apalagi sejak tahun 2013, usia pensiun diperpanjang menjadi 65 tahun. Banyak sekali contoh pekerja berumur tua di Jepang, namun semangat kerjanya tetap membara. Ishihara, 74 tahun masih siap maju sebagai gubernur Tokyo setelah sebelumnya telah berhasil membawa Tokyo menjadi kota metropolitan bergengsi di dunia. Kunjungan tim kami ke Jepang menegaskan hal ini. Banyak sekali orang yang sudah sangat tua, masih bekerja sebagai pekerja kantoran, supir taksi, penjaga toko, staf hotel , house keeping, tukang kebun, tukang kayu, tukang parkir sampai menjadi tenaga kebersihan.

Di Jepang juga terdapat lembaga outsourcing yang memperkerjakan pegawai berusia 65-90 tahun, yakni Sakai Silver Centre. Lembaga ini berdiri tahun 1975 di Tokyo, dan saat ini sudah menyebar di kota-kota lainnya dengan anggota 6500 pekerja.

Selain bekerja part time, banyak juga di antara mereka yang menjadi volunteer kegiatan di lingkungannya, seperti menjadi pasukan bersih-bersih, membantu anak SD menyeberang jalan, atau menjadi volunteer guide bagi para foreigner, mengadakan kegiatan budaya untuk keperluan mahasiswa asing. Di Nagoya University banyak kakek dan nenek yang masih bersemangat kuliah setelah mereka pensiun.

Menjaga Kesehatan, Alasan Opa-Oma di Jepang ‘Gila Kerja’ Meski Sudah Pensiun

Banyak alasan yang dikemukakan para pensiunan yang tetap bekerja, yang cukup dominan adalah karena bosan di rumah dan untuk menjaga kesehatan. Tatsuji Katayama (73) mengatakan “Saya ingin tetap sehat, dengan bekerja membuat saya tetap sehat dan tidak pikun. Saya ingin terus bekerja hingga saya meninggal”. Namun ada juga yang ingin tetap bekerja supaya tetap memiliki penghasilan, walaupun kecil jumlahnya.

Pekerjaan Sang pensiunan tentu tidak sekeras anak Muda

Tentu para pensiunan tidak bekerja selama 44 jam/minggu, apalagi sampai 70 jam/minggu. Di Jepang, mereka hanya bekerja 5 jam perhari dan 3-4 hari dalam sepekan. Pekerjaan
Sumber : http://news.detik.com/read/2014/10/14/021513/2717733/10/menjaga-kesehatan-alasan-opa-oma-di-jepang-gila-kerja-meski-sudah-pensiun dan kunjungan langsung ke Jepang.

0 Likes

Comments: 2

  • samuel ricky
    3 years ago
    Reply

    patut ditiru.. sebaiknya memang orang tua itu harus mempunyai semangat muda !

    • Pusat Pelatihan Pra Pensiun
      3 years ago
      Reply

      Dear Pak Samuel,
      Senang membaca komentar yang bapak berikan…kita SEPAKAT semoga teman teman senantiasa bermanfaat hingga akhir hayat , AGE just a number, right? umur bukan halangan, SEMANGAT SELALU MUDA…
      Salam,
      Admin Pusat Pelatihan Pensiun
      99Makara Consulting

Leave a comment